Siapa Yang Harus Disyukuri?


syukur, pengertian syukur, ucapan syukur, doa syukur, syukur nikmat, sabar dan syukur, definisi syukur, kalimat syukur
Pada prinsipnya segala bentuk syukur harus ditujukan kepada Allah Swt. Al-Quran memerintahkan umat Islam untuk bersyukur setelah menyebut beberapa nikmat-Nya, “Maka ingatlah kamu kepada-Ku niscaya Aku ingat pula kepadamu, dan bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu mengingkari (nikmat)-Ku” (QS Al-Baqarah [2]: 152).


Dalam QS Luqman (31): 12 dinyatakan: “Dan sesungguhnya Kami telah menganugerahkan kepada Luqman hikmah, yaitu: "Bersyukurlah kepada Allah. Dan barang siapa yang bersyukur (kepada Allah), maka sesungguhnya ia bersyukur untuk (manfaat) dirinya sendiri."


Namun demikian, walaupun syukur harus ditujukan kepada Allah, dan ucapan syukur yang diajarkan adalah "alhamdulillah" dalam arti "segala puji (hanya) tertuju kepada Allah," bukan berarti bahwa kita dilarang bersyukur kepada mereka yang menjadi perantara kehadiran nikmat Allah.

 Al-Quran secara tegas memerintahkan agar mensyukuri Allah dan mensyukuri kedua orang tua (yang menjadi perantara kehadiran kita di dunia ini.) Surat Luqman (31): 14 menjelaskan hal ini, yaitu dengan firman-Nya: “Bersyukurlah kepada-Ku, dan kepada dua orang ibu bapakmu; hanya kepada-Kulah kembalimu”.

Walaupun Al-Quran hanya menyebut kedua orangtua –selain Allah– yang harus disyukuri,  bukan berarti bahwa selain mereka tidak boleh disyukuri. “Yang paling pandai bersyukur kepada Allah adalah orang yang paling pandai bersyukur kepada manusia.” (HR. Ath-Thabrani). 

Dengan demikian, selain bersyukur kepada Allah, kita juga harus memiliki rasa terima kasih kepada manusia yang telah mejadi perantara kenikmatan bagi kita. Kita harus berterima kasih kepada kedua orang tua kita, suami, istri, kerabat, sahabat dan siapapun yang telah berjasa kepada kita, baik secara langsung ataupun tidak langsung. “Siapa yang tidak berterimakasih kepada manusia, berarti tidak berterimakasih kepada Allah” (HR Abu Daud). 

Tags yang terkait dengan syukur, pengertian syukur, ucapan syukur, doa syukur, syukur nikmat, sabar dan syukur, definisi syukur, kalimat syukur, puisi syukur, doa sujud syukur, kata ucapan syukur, ungkapan syukur, ayat tentang syukur, kata mutiara syukur, hadist tentang syukur.
 

Keajaiban Syukur Copyright © 2013 | Powered by Blogger